HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.198.103.13
Pengunjung : 296.921






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017

Berita Kegiatan :



Naik Gajah di Taman Wisata Alam Bukit Serelo Lahat (Konservasi Gajah)

Selasa; 19 December 2017 [ADMIN, SD SANTO YOSEF LAHAT] - Berita Umum

Lahat (19/12)-- Akhir pembelajaran semester gasal tahun 2017-2018  diakhiri oleh peserta didik kelas III SD Santo Yosef Lahat dengan Outing Class ke Wisata Alam Bukit Serelo Lahat (12/12). Tempat tersebut merupakan kawasan konservasi gajah (Elephant Conservation)  yang ada di Perangai Kabupaten Lahat. Waktu tempuh yang cukup jauh yaitu kurang lebih 1,5 jam perjalanan ini tidak lantas membuat kami patah semangat untuk mencapai daerah tersebut.        Sepanjang perjalanan yang ditemui adalah daerah tambang batubara milik PT BAU Lahat. Jalan ini cukup ramai dilalui oleh truk-truk besar yang mengangkut batubara ke Palembang. Karena hal tersebut keadaan jalan menjadi tidak rata dan berlubang-lubang (rusak). Jalan yang tadinya beraspal, berubah menjadi jalan berpasir dan berkerikil juga berlubang-lubang. Pemandangan di kiri dan kanan jalan masih sama, Ada juga beberapa kebun karet milik warga sekitar. Pusat Konservasi Gajah ini merupakan milik pemerintah tepatnya Kementerian Kehutanan. Gajah-gajah yang ada di Pusat Konservasi Gajah ini adalah gajah-gajah yang sudah berumur sekitar 23 tahun  sampai yang peling tua berkisar 26 tahun. Jumlah gajah di tempat ini ada 10 ekor gajah yaitu 9 gajah betina dan 1 gajah jantan.

            Kami berangkat dari sekolah dengan menggunakan 2 bus milik Dinas Perhubungan Kabupaten Lahat dan 15 mobil pribadi milik orangtua siswa/siswi kelas 3. Kegiatan ini dilaksanakan juga bekerjasama dengan anggota FKKSKM SD Santo Yosef Lahat yang terdiri dari orangtua murid sendiri. Peserta yang ikut sebanyak 140 orang yaitu terdiri dari 120 siswa/siswi kelas 3 dan 20 guru pendamping serta anggota FKKSKM. Kami berangkat mulai pukul 07.30 WIB dan tiba di Konservasi Gajah sekitar 09.00 WIB.

            Di Pusat Konservasi Gajah ini, kita bisa piknik sambil belajar berbagai hal tentang gajah. Kemudian anak-anak dibagi menjadi dua kelompok kelas sehingga kegiatan tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama. Dua kelas pertama yaitu kelompok kelas 3C dan 3D terlebih dahulu menaiki gajah. Anak-anakpun sangat senang sekali. Tapi ada juga dari mereka yang ketakutan untuk menaiki gajah. Dengan pendampingan dari ibu guru akhirnya anak-anak yang merasa takut naik gajah itu berani untuk naik gajah. Sementara dua kelas lagi yaitu kelas 3A dan 3B mengikuti penjelasan tentang manfaat dan pengetahuan tentang gajah (belajar bersama) yang di pandu oleh Bapak Makmun selaku Kepala Sub PLG di sekolah gajah tersebut.

            Sebelum anak-anak menaiki gajah, diawali dengan perkenalan dari gajah-gajah yang akan membawa anak-anak keliling area tempat Konservasi gajah tersebut. Ada Lusi (gajah betina, berat sekitar 1,6 ton), Nancy (gajah betina, berat sekitar 1,5 ton), Tiara (gajah betina berat 1,5 ton), dan Ardo (gajah jantan, berat sekitar 1,9 ton). Ada empat ekor gajah yang siap untuk membawa kami berkeliling daerah konservasi gajah tersebut.

            Setelah berkenalan dengan gajah-gajah tersebut, anak-anak pun diajak untuk menaiki gajah  secara bergantian yang dibantu oleh beberapa pawang gajah disana. Juga tidak ketinggalan para orangtua yang ikut dalam Outing Class tersebut turut serta menaiki gajah. Wah , keren !

            Kegiatan dilanjutkan dengan makan siang bersama. Setelah kenyang makan siang, kami pun bersiap-siap untuk pulang. Sebelum pulang kami tidak lupa berdoa agar kiranya tempat wisata alam yang menjadi tempat pemeliharaan hewan-hewan yang hampir punah seperti gajah dapat tetap terjaga kelestariannya, dan anak-anak semakin lagi mengenal gajah dalam bentuk atau wujud yang nyata bukan hanya melalui gambar, buku-buku pengetahuan tentang gajah ataupun film-film.

            Kegiatan Outing Class yang diadakan oleh SD.Santo Yosef Lahat ini sangat berguna bagi pembelajaran anak-anak, sehingga anak-anak tidak hanya melulu belajar di dalam kelas tetapi dapat juga belajar sambil berwisata di alam nyata, khususnya di daerah Lahat agar semakin dikenal banyak orang. Semoga dengan adanya kegiatan ini anak-anak diajak untuk lebih memiliki kepedulian terhadap alam ciptaan Tuhan yang luar biasa dan lebih bersyukur karena memiliki keanekaragaman budaya, sehingga nama Tuhan semakin dimuliakan dan sesama diabdi (EG.51).

Agnes Julianti Samosir, S.Pd






Komentar - komentar untuk berita ini :
meinani - 17 January 2018 09:36:30
belajar dengan mengalami...pendidikan yang sejati

--ref25971--
indrawan - 19 January 2018 11:28:54
sangat baik dalam mendidik dan pengenalan akan hewan ohya sama alumi smp santo yosef mau tanya ya apakah poto slumi smp angkatan 92 masih ada dan boleh saya minta trimakasih

--ref26080--


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :