HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2021/2022


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 35.172.236.135
Pengunjung : 520.204


Newsflash :
Mengikuti kebijakan PSBB DKI Jakarta, maka mulai 14 September 2020 s/d 2 Oktober 2020 operasional Kantor dan Sekolah Tarakanita Jakarta ditutup. Kantor tidak menerima tamu. Pendaftaran Peserta Didik/PPDB dan keperluan lain mohon hubungi nomor call center: 08118771984             |             MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.

Artikel :



NEW TEACHERS, NEW SPIRITS, NEW SOUL


Jumat; 26 August 2016 [ADMIN, SD SANTO YOSEF LAHAT] - Artikel Umum

Ibu Maria Magdalena Wargiani, S.Pd. atau yang biasa dipanggil ibu Maria ini menjadi wali kelas IV D dan menjadi guru pengampu mata pelajaran PKn dan Bahasa Indonesia Kelas IV. “Bukan hal yang mudah bagi saya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan keadaan di sini.” Tutur Ibu kelahiran Baturaja, 22 Juli 1995 ini ketika ditanya mengenai bagaimana kesan mengajar pertama di SD Santo Yosef Lahat. “Meskipun saya lahir di Sumatera kan tapi saya sudah lama nggak di Sumatera dan ini pertama kali ngajar di Sumatera.” Hal ini menjadi tantangan beliau dalam mengembangkan diri lagi baik dalam melaksanakan pembelajaran maupun manajemen diri. Hal ini membutuhkan kematangan diri baik dari segi spiritual dan mental, karena menurut beliau tanpa mengandalkan Tuhan, tidak akan mampu menjadi sosok pribadi yang survive dan ingin selalu menjadi guru yang lebih baik.

Meninggalkan kebiasaan lama bukanlah sesuatu yang mudah. Kira-kira hal inilah yang dialami oleh Ibu Chatarina Murdiyati. Ibu yang biasa disapa Bu Ati ini saat ini mengajar pendidikan Agama di kelas V. “Yang pasti kaget mbak, ketika biasanya mengajar SMA dan sekarang mengajar SD.” Jelas beliau ketika ditanya bagaimana kesan awal mengajar di SD. Perubahan suasana pembelajaran dan karakter perkembangan siswa yang dihadapi membuat ibu kelahiran Sleman, 07 November 1965 ini merasa perlu untuk belajar dan belajar lagi dalam menemukan metode pembelajaran yang sesuai untuk siswa SD. “Saya merasa senang mengajar di SD, merasa mendapat penghiburan dengan sikap dan tingkah laku anak-anak.” Tutur beliau.

“Miss Sella… Miss Sella…” begitulah para siswa selalu menyapanya. Ibu cantik kelahiran Blitang, 27 April 1994 ini mengampu pelajaran Bahasa Inggris kelas I dan II. Ketika ditanya kesan awal mengajar di SD Santo yosef Lahat, beliau merasa takut karena masih harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan karakter yang belum dikenalnya, “Duh, mereka bisa menerima apa yang saya ajarkan tidak ya?” Namun, Bu Sella dengan cepat bisa mengenal para siswa dan mulai memahami karakter siswa dengan mengerti kelemahan dan kelebihan mereka dalam belajar. “Saya merasa lebih disiplin terutama dalam hal waktu, menjadi pribadi yang lebih sabar dalam segala hal.” Beliau menuturkan perubahan yang terjadi dalam dirinya. Segala sesuatu memang harus dimulai dari diri sendiri, manajemen diri yang baik akan menghasilkan apa yang kita kerjakan baik. Bu Sella selalu ingin meningkatkan kompetensinya dalam mengajar, menjadi guru yang melayani setulus hati, karena keegoisan masih cenderung menguasai diri. Menjadi guru kreatif dan menjadi diri sendiri.

Bu Fenty, begitulah panggilan dari ibu guru baru yang mengampu pelajaran Matematika kelas IV SD Santo Yosef Lahat tahun ajaran 2016/2017 ini. Awal yang canggung adalah hal yang dirasakan bu Fenty ketika pertama mengajar di SD Santo Yosef Lahat ini. Beliau mengatakan bahwa pengetahuan tentang mengajar masih sedikit, namun hal ini bukan menjadi masalah lagi ketika mau belajar untuk menemukan kelemahan diri dan memperbaikinya. Disiplin waktu dan mencoba untuk sabar dalam menghadapi siswa adalah kunci untuk membuatnya menjadi guru yang lebih baik.

Pak Lukas Suratno, S.Pd. adalah guru olahraga di kelas IV SD Santo Yosef Lahat. “Tidak percaya diri, canggung, harus mengenal karakter anak satu dengan yang lainnya berbeda.” Jelasnya mengenai pembelajaran yang dilaksanakannya.

Menjadi seorang guru, bukan hanya mengajarkan hal-hal yang bersifat akademis, tapi juga pada pembentukan karakter siswa untuk menjadi anak yang lebih baik lagi. Guru baru adalah figur yang baru pula bagi para siswa, masih sama-sama belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Seperti sebuah kata-kata bijak bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses, hal ini dapat menjadi motivasi dan langkah awal yang baik bagi para guru baru untuk berusaha memberikan yang terbaik bagi para siswa. Berbekal semangat Cc5 (Compassion, Conviction, Competence, Celebration, Creativity) dari bunda Elisabet, semoga dapat membangkitkan semangat mengajarkan hal-hal yang baik bagi para siswa. Satu hati! Satu semangat! Tarakanita! Yes!!!!!

-iaa







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :