HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 35.175.182.106
Pengunjung : 304.382






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017

Artikel :



Kebo Nyusu Gudel


Senin; 21 March 2016 [ADMIN, SD SANTO YOSEF LAHAT] - Artikel Umum

Kebo Nusu Gudel
Belajar merupakan kegiatan yang harus berlangsung secara terus menerus. Belajar juga dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, bahkan pada siapa saja. Kali ini kita akan membahas belajar dari orang yang lebih muda. Dalam istilah orang Jawa, belajar pada orang yang lebih muda diistilahkan dengan 'kebo nyusu gudel' artinya kerbau menyusu pada Gudel(sebutan untuk anak kerbau).

Hal itu tidak lazim kita jumpai di kehidupan nyata, karena gudel lah yang sewajarnya menyusu pada kerbau. Istilah itu sangan tepat digunakan untuk menggmbarkan aksi Ibu Wilhelmina yang tak malu utnuk belajar membuat gelang di stand pameran SD. Aktivitas Leana, siswi yang bertugas menjaga stand pameran SD Santo Yosef menarik perhatian Ibu Wilhelmina dan mendorong ibu Wilhelmina untuk ikut beraksi. Gelang. Benda itulah yang ingin dibuat oleh ibu Wilhelmina.

Gelang yang indah dan cantik di stand SD Santo Yosef ternyata harus dibuat dengan penuh kesungguhan dan ketekunan. Ibu Wilhelmina yang belum pernah membuat gelang pun harus banyak bertanya pada Leana, "Eh! Salah ya?" ujar bu Wilhelmina sambil tertawa. "Tali yang ungu harus lebih panjang dari yang merah, bu" ucap Leana.Dengan penuh kesabaran Leana membimbing ibu Wilhelmina sampai akhirnya terciptalah sebuah gelang yang 'cupet' karena bu Wilhelmina menggunakan tali yang kurang panjang.

Nah, terbukti, kan? Belajar itu bisa dilakukan kapan, di mana, dan pada siapa saja. Semua yang ingin kita ketahui dapat diselesaikan dengan cara belajar. Jangan malu untuk belajar pada orang yang lebih muda, dan jangan lelah mengajar orang yang lebih tua.
Selamat belajar dan mengajar. (ME)






Komentar - komentar untuk artikel ini :
eph - 14 January 2018 18:50:38
Sip. Jangan malu bertanya, sebab untuk tumbuh dan berkembang harus mau berubah, salah satunya juga dimulai dari,bertanya.

--ref25870--
st. Bay - 17 January 2018 09:43:28
berbagi kepada sapa saja dan dari siapa saja

--ref25974--


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :